79501871.jpg
982455625.jpg
6193559900.jpg
7752732271.jpg
1234

Artikel

2018-03-21 10:21:30

Tips Mudah Cara Mengatur Dan Mengelola Keuangan Bagi Pengantin Baru

 

Banyak pasangan yang terjebak dalam euforia kebahagaian pernikahan sebagai sepasang pengantin baru. Bersenang-senang dengan mengadakan pesta pernikahan yang mewah namun setelah pesta berakhir isi rekening juga akan kosong. Mungkin mereka berpikir bahwa pernikahan adalah acara yang dilakukan sekali seumur hidup jadi sangatlah tidak bijak jika hanya memikirkan kemewahan pesta saja tanpa memikirkan bagaimana kelanjutan masa depan keluarga kecil baru saja terbentuk. Jika tidak segera direncanakan dan dianggarkan maka uang bisa menjadi masalah yang sensitif dan bisa menjadi konflik yang berkelanjutan. Berikut sedikit tips untuk para calon pengantin baru agar bisa mengatur keuangan saat menjadi keluarga baru nanti.

 

1. Buat anggaran

 

Jangan sampai anda terjebak dengan segala pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting atau tidak perlu untuk anda, seperti belanja untuk berlibur atau honeymoon yang mewah. Sebaiknya anda dan pasangaan segera mengatur anggaran untuk acara pernikahan anda berdua, seimbangkan antara pemasukan dan pengeluran anda. Jangan sampai pengeluaran membengkak dan membuat anda kerepotan mengurusnya. Jika anda ingin bulan madu maka sebaiknya sisihkan sedikit dana untuk menabung.

 

2. Hindari untuk berhutang

 

Saat memulai rumah tangga yang baru mungkin anda dan pasangan ingin cepat-cepat memiliki segalanya. Mungkin itu ingin rumah, mobil, perabotan rumah tangga atau hal lainnya. Sebisa mungkin hindari yang namanya hutang saat anda mulai membina rumah tangga. Namun anda bisa membeli keinginan anda secara bertahap sesuai dengan kemampuan anda dan pasangan. Jangan lupa untuk mendiskusikan kebutuhan dasar mana yang perlu anda berdua dahulukan.

 

3. Rekening bank terpisah

 

Jaman sekarang banyak sekali pasangan pengantin baru yang menggabungkan rekening mereka agar terlihat lebih mudah dan praktis. Hmm, sebenarnya tidak masalah jika anda ingin menggabungkan rekening anda, namun ada baiknya jika rekening dipisah untuk keperluan-keperluan khusus. Misalnya rekening suami untuk biaya bulanan sedangkan rekening istri untuk biaya tak terduga.

 

4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

 

Kedua hal ini terlihat sangat mirip, terkadang yang kita inginkan bisa kita buat menjadi kebutuhan kita. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar bisa membedakan apa yang memang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan. Cara mudah yang mungkin bisa kamu gunakan untuk membedakannya adalah dengan membuat daftar antara kebutuhan dan keinginan kamu. Setiap kali kamu memenuhi salah satunya, berilah tanda bahwa kebutuhan atau keinginan kamu sudah tercapai. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhanmu terlebih dulu, baru setelah itu penuhi keinginanmu. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan ya.

 

5. Pahami Seluruh Aspek Keuangan Keluargamu

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar dapat mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik adalah dengan mengetahui berapa banyak uang yang kamu miliki, pendapatan kamu, dan juga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan, seperti tagihan listrik, telepon, belanja bulanan, biaya kesehatan, bahkan sampai biaya servis kendaraan. Lalu kamu juga harus selalu mengetahui jumlah hutang kartu kredit, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan kamu. Dengan mengetahui semua ini, kamu bisa memperhitungkan kisaran pengeluaran yang harus dikeluarkan.

 


Setelah ini anda tentu tidak akan binggung mengatur anggaran untuk keluarga baru anda dan selamat menempuh hidup baru.

 

 

5  912